8 Langkah Cerdas Untuk Menghadapi SBMPTN

SBMPTN merupakan sebuah ujian secara nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Biasanya SBMPTN merupakan gerbang utama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, karena memiliki kuota yang lebih banyak. Berikut ini kami akan beberapa langkah cerdas hadapi penerimaan mahasiswa baru yaitu SBMPTN.

1. Urutkan pilihan sesuai peringkat maupun peminatnya

Anda harus mempunyai strategi penting dalam memilih jurusan. Jangan sampai Anda gagal hanya karena salah memilih jurusan yang diminati. Pertama, harus mencari peminat dari jurusan yang Anda minati.

Kedua, Anda harus mengurutkan dari pilihan pertama yang menunjukkan peminat terbesar hingga ke yang terkecil. Faktor lain yang harus diperhitungkan adalah tingkat passing grade dan peringkat universitas tersebut.

2. Usahakan ketiga pilihan berada dalam jurusan yang sama

Langkah cerdas hadapi penerimaan mahasiswa baru Universitas Swasta Terbaik di Jakarta selanjutnya adalah berkaitan denga pilihan universitas. Pada saat Anda memilih jurusan tersebut pada ketiga pilihan, usahakan Anda harus mencantumkan jurusan yang sama walaupun universitasnya berbeda.

Hal ini dikarenakan Peluang Anda untuk lolos SBMPTN akan semakin besar. Karena perhitungan tersebut sangat logis dan tentu ada keseriusan Anda dalam memilih jurusan tersebut.

3. Sesuaikan minat dan bakat

Jurusan yang Anda pilih haruslah sesuai dengan minat dan bakatmu. Jangan hanya menilai dari prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah. Anda tidak perlu takut oleh kesulitan yang ada dalam jurusan tersebut. Asalkan Anda mau dan berusaha, maka kesulitan tersebut akan mudah untuk dihadapi.

4. Jangan gegabah dan atur jadwal belajar yang baik

Saat gagal SNMPTN, Anda harus tetap mempersiapkan mental dengan baik. Tidak perlu gegabah dalam menentukan pilihan dan harus berkonsentrasi untuk tahap selanjutnya, yakni SBMPTN. Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat kesulitan yang diberikan oleh panitia SBMPTN.

Hal itu dapat Anda maksimalkan dengan belajar secara penuh, dan atur jadwal yang tepat. Sehingga Anda akan tenang dalam menghadapinya.

5. Manfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian yang baru

Penilaian SBMPTN 2020 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Anda nantinya tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus. Aturan tersebut lebih menguntungkan. Sebab Anda lebih mampu untuk menjawab soal lebih banyak.

Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu Anda harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.

6. Manfaatkan bimbel atau latihan-latihan soal

Banyak sekali pihak-pihak swasta yang mengadakan bimbel untuk SBMPTN, dan memberikan latihan-latihan melalui website maupun buku-buku. Hal itu memudahkan Anda untuk melihat lebih jauh bentuk soal SBMPTN. Dari situ Anda dapat memprediksi sebelumnya.

Sehingga tidak akan grogi saat mengerjakan soal nantinya. Semakin Anda menguasai latihan tersebut, maka peluang Anda untuk lolos akan semakin besar.

7. Ikuti try out SBMPTN sebagai latihan

Banyak media-media yang menawarkan try out SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelolosan peserta melalui beberapa kali try out.

8. Jangan lupa untuk selalu berdoa

Semua usaha Anda harus dibarengi dengan doa. Karena hal tersebut sangat erat dan berpengaruh kepada nasib Anda ketika menghadapi ujian. Bagi Anda yang akan mengikuti tes, haruslah bersyukur dengan apa yang sudah dikerjakan.

Apapun hasilnya nanti, jangan berkecil hati jika Anda belum lolos SBMPTN. Karena masih ada jalan lain untuk meraih kesuksesan.

Refferensi : https://www.pmbuntar.com/universitas-swasta-terbaik-di-jakarta/